Untitled Document
  Latar Belakang  
 

Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB )  adalah kegiatan  penerimaan dan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan pada sekolah, hal tersebut berkaitan dengan kemampuan dasar akademik dan minat bakat terhadap jenjang sekolah yang di tuju sebagai bentuk awal pengendalian penjaminan dan penetapan mutu pendidikan. Guna mendukung upaya jenjang pendidikan kearah tujuan yang di inginkan.

PPDB merupakan salah satu unsur dari komponen Siswa dalam sebuah lembaga pendidikan. PPDB dengan segala sistemnya,  dilakukan untuk mengetahui dan mengukur Input sekolah guna membantu perkembangan sekolah serta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang tinggi dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dimasa yang akan datang. Proses seleksi yang dilakukan adalah suatu proses penilaian terhadap kemampuan awal calon peserta didik dari sisi kemampuan akademik , minat dan bakat peserta.dengan menjadikan semua bukti hasil seleksi calon peserta diklat sebagai acuan pengambilan keputusan dalam menentukan kelulusan dan keabsahan siswa yang diterima.

      Proses seleksi yang dilaksanakan pada  tingkat sekolah menengah kejuruan  ( SMK ), merupakan bagian integral dari upaya peningkatan mutu calon peserta didik SMK serta sebagai gambaran awal bagi pelayanan pendidikan pada sekolah kejuruan. Dengan penekanan  hasil seleksi dapat diperoleh secara akurat dan selanjutnya dapat dipergunakan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan siswa pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

      SMK Negeri 1 Cibinong telah resmi ditunjuk sebagai penyelenggara satuan pendidikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), melalui Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional nomor : 4294/C5.3/Kep/KU/2009. Untuk memenuhi tuntutan tersebut maka Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru  tahun pelajaran 2012/2013 yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Cibinong berupaya memperoleh calon peserta didik yang kompeten dalam kemampuan akademik, berbakat dan mempunyai minat yang tinggi terhadap bidang keahlian yang dipilih.  Adapun bentuk kegiatan yang diselenggarakan diantaranya dengan sistem penjaringan terhadap peserta didik kelas IX yang berprestasi di SMP atau sederajat baik Negeri maupun swasta.  Pelaksanaan PPDB berpedoman kepada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Nomor : 422.1/1005-SK-Setdisdik, tanggal 08 Maret 2012, tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK-RSBI di Jawa Barat Tahun Pelajaran 2012/2013.